LEUKEMIA LIMFOSITIK AKUT PDF

Acute lymphoblastic leukemia (ALL) is a malignant (clonal) disease of the bone marrow in which early lymphoid precursors proliferate and. menjadi: Leukemia limfositik kronik/LLK (mengenai orang berusia lebih leukemia limfositik akut/LLA (mengenai anak-anak, tetapi dapat juga. p>Cancer is not a contagious disease but can cause death, especially in children . Cancer that primarily affects children is leukemia with the.

Author: Shakarisar Melkis
Country: Nicaragua
Language: English (Spanish)
Genre: Personal Growth
Published (Last): 19 September 2010
Pages: 321
PDF File Size: 7.87 Mb
ePub File Size: 18.67 Mb
ISBN: 670-7-58382-641-7
Downloads: 84519
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Nejind

Menyadari risiko tersebut, dukungan secara psikologis dapat menjadi suatu hal yang penting dan sangat membantu dalam pengobatan LLA. Data ini dapat diperoleh dari Kartu Menuju Sehat atau karta pemeriksaan lain.

Kortikosteroid prednisone, kortison, deksametason, dsb. AML bermula dari ljmfositik myeloid yang membentuk sel-sel darah putih selain limfositsel darah merah, atau trombosit. Pemeriksaan sumsum tulang dan sediaan darah tepi harus dilakukan untuk memastikan apakah pasien menderita leukemia limfositik akut atau leukemia mielositik akut.

makalah leukemia limfositik akut (LLA)

Garis ini diteruskan kebawah sehingga memotong lipat paha. Leukemia adalah jenis kanker yang paling umum diderita anak-anak. LLA anak dapat juga diklasifikasikan atas dasar jumlah kromosom tiap sel leukemia ploidy dan atas penyusunan kembali kromosom struktural misalnya translokasi. Be Smart, Read More. Hampir semua jenis leukemia pada anak termasuk kategori yang pertama. Sel-sel yang belum matang ini terus bereproduksi dengan kecepatan luar biasa, mendesak sel-sel sehat dan memunculkan sejumlah gejala.

Karena leujemia penderita leukemia tidak mengetahui faktor risiko mereka masing masing. Dosis 0,6 ml intrakutan, diberikan pada 3 tempat masing masing 0,2 ml. Penanda biologik lain yang potensial bermanfaat adalah aktivitas terminal deoksinukleotidil transferase TdT yang umumnya dapat diperlihatkan pada LLA sel progenitor-B dan sel T. Keluhan utama atau riwayat penyakit sekarang-Biasanya ditanyakan keluhan utama yaitu keluhan yang menyebabkan pasien datang berobat.

Buku Ajar Pediatrik Rudolph. Pada pasien ALL, fungsi limfosit terhambat. Merupakan jenis leukemia terbanyak kedua yang menyerang anak-anak. Ikut bergerak pada pernapasan. Oleh karena enzim ini tidak leukenia pada limfoid normal, maka hanya dapat berguna untuk mengidentifikasi sel leukemia pada situasi diagnostik yang sulit. Akan tetapi, LLA merupakan salah satu kanker yang paling mungkin limfosiik dan kadar survival hidup penderitanya juga tinggi.

  IM WELTINNENRAUM DES KAPITALS PDF

Perkembangan LLA, seperti halnya keganasan hematologi lainnya, dipercayai melibatkan proses transformasi yang terjadi zkut suatu sel progenitor yang mempunyai kemampuan untuk melakukan ekspansi klonal yang tidak terbatas.

makalah leukemia limfositik akut (LLA)

Miley Cyrus limfositio impian gadis penderita Leukemia. Leukemia juga digolongkan menurut tipe sel darah putih yang terkena. Identitas-Identitas pasien diperlukan untuk memastikan bahwa benar-benar anak tersebut yang dimaksudkan dan tidak keliru. Sindrom Fanconi dengan kelainan bawaanii.

Berikut ini penjelasan selengkapnya. Terdapat insiden leukemia tinggi pada orang yang tetap hidup setelah bom atom di Jepang, pada pasien ankylosing spondylitis yang telah menerima penyinaran spinal dan pada anak-anak yang ibunya menerima limfositij X abdomen selama hamil. Gejalanya antara lain kulit qkut, demam, batuk, mudah memar atau berdarah, kesulitan bernapas akibat terlalu banyak sel darah putih di paru-parudan limpa atau kelenjar getah bening yang membesar.

Komplikasi dari leukemia dan terapinya dapat berupa sindrom tumor lisis hiperfosfatemia berat, hiperkalemia, hiperurikemia, dan hipokalsemia setelah kemoterapi intensifgagal ginjal, sepsis, pendarahan, thrombosis, tiflitis inflamasi di daerah sekum akyt, neuropati, ensefalopati, kejang, keganasan sekunder, pertumbuhan terbantut akibat radiasi kraniospinaldefisiensi hormon pertumbuhan, serta defek kognitif.

Imunoterapi merupakan cara pengobatan yang terbaru, setelah tercapai remisi dan jumlah sel leukemia cukup rendahimunoterapi mulai diberikan. Perkusi hepar, digunakan patokan 2 garis, yaitu: Pada saat terjadinya penyakit apakah ada reaksi alergi dan riwayat penyakit lain yang pernah limfsitik sebelumnya. Limpa seperti lidah menggantung ke bawah2. Organisasi kesehatan dunia WHO memperkirakan bahwa di Indonesia tiap tahun ada seratus penderita kanker baru dari Suntikan BCG diberikan 3 kali dengan interval 4 minggu.

Pemeriksaan Tanda VitalNilai standar untuk mengetahui batas normal suhu tubuh manusia dibagi menjadi empat yaitu: Genetik dan Perubahan kromosom. Penelitian mengenai gambaran epidemiologi leukemia anak belum merupakan prioritas para peneliti di Indonesia. Sel di hampir semua bagian tubuh manusia berpotensi menjadi kanker dan dapat menyebar ke area tubuh lainnya. Data lain menunjukkan bahwa pada angka insiden leukemia di Amerika sekitar 31,8 per 1.

  IVAN COLOVIC PDF

Limfosit adalah sel-sel utama yang membentuk jaringan limfoid, bagian utama dari sistem kekebalan tubuh. The progress of chemotherapy for acute lymphocytic leukemia has aiut the survival rate for this cancer.

Ini jenis-jenis leukemia yang mungkin menyerang anak

Selain itu, identifikasi abnormalitas kromosom spesifik turut memegang peran penting dalam penentuan terapi dan prognosis bagi subtipe LLA tertentu. Data lain menyatakan bahwa di Indonesia terdapat sekitar 80 juta anak dengan usia dibawah 15 tahun.

Hendaknya lebih berhati hati bila jumlah leukosit kurang dari 2. Metode pengobatan yang digunakan untuk pasien anak-anak sama dengan orang dewasa.

Anak-anak penderita leukemia jenis ini biasanya dirawat dengan metode pengobatan untuk ALL, karena pada umumnya metode pengobatan ini yang memberikan hasil paling baik bagi si pasien.

Ada persamaan jelas antara leukemia dan penyakit neoplastik lain, misalnya proliferasi sel yang tidak terkendali, abnormalitas morfologi sel, dan infiltrasi organ. Komplikasi yang paling sering terjadi adalah kegagalan leukemia untuk memberi respon terhadap kemoterapi. Ditanyakan pengobatan sebelumnya dan hasilnya, tindakan pengobatan sebelumnya. Agar kita lebih memahami ikhwal tentang leukemia, ada baiknya jika kita mengedukasi diri mengenai penyakit ini, terutama leukemia pada anak.

Sementara, apa yang menjadi faktor risiko dapat diketahui dari beberapa penelitian yang telah dilakukan, diantaranya adalah penggunaan pestisida, medan listrik, riwayat keguguran pada ibu, leukeemia, bahan kimia benzenevirus, kelainan genetik, ibu yang umurnya relatif tua saat melahirkan, ibu yang merokok saat hamil, konsumsi alkohol saat hamil, penggunaan marijuana saat hamil, medan magnet, limfoeitik orang tua, berat lahir, urutan lahir, radiasi prenatal dan post-natal, vitamin K, serta diet.

Garis ini digunakan untuk menyatakan pembesaran limpa. Sel-sel abnormal ini menyebabkan timbulnya gejala karena kegagalan sumsum tulang yaitu anemia, neutropenia, trombositopenia dan infiltrasi organ misalnya hati, limpa, kelenjar getah bening, meningens, otak, kulit, atau testis.